Satukan File Yang Terpecah Dengan HJ-Split

posted on 0 komentar
Cara Menggabungkan File Dengan HJ-Split
Cara Menggabungkan File Dengan HJ-Split - Sadar atau tidak, ketika kita hendak melakukan Download pasti pernah menemui file dengan exstensi .001, .002,. 003, dst. Awalnya kita pasti merasa aneh ketika kita men-downloadnya, apalagi setelah selesai didownload ternyata filenya tidak dapat dibuka. Kali ini, saya akan sedikit membahas tentang exstensi file di atas, dan cara mengatasinya.   

Seperti kita ketahui, sebenarnya keberadaan file dengan exstensi .001, .002, .003, dst. Bisa dibilang kurang lumrah di kalangan masyarakat. Tak ayal hal ini dapat mengakibatkan kesalahan tafsir di kalangan masyarakat, banyak orang yang dengan susah payah mencari file yang ia ingin peroleh dengan cara mendownload, entah itu via DDL, Torrent, ataupun XDCC.

Namun rasa ingin itu seketika hilang ketika kita menemukan file yang kita cari, ber-exstenis .001, .002, .003, dst. Kenapa? Tentu saja karena kesalahan tafsir masyarakat yang dengan sepihak men-judge bahwa file dengan exstensi di atas merupakan file yang gagal upload atau hal yang sejenisnya.
Sebelum kita melangkah ke langkah yang lebih lanjut, saya akan sedikit memberikan penjelasan singkat tentang file dengan exstensi .001, .002, .003, dst.

Apa itu file .001, .002, .003?

File dengan exstensi .001, .002, .003, dst. Merupakan satu kesatuan file yang awalnya berbentuk satu buah file, namun demi mempermudah proses upload, file tadi dipecah menjadi beberapa bagian. Misal, saya memiliki sebuah file dengan ukuran 1GB, nah karena keterbatasan waktu dan koneksi saya memutuskan untuk memecah fle tersebut menjadi 10 bagian dengan masing-masing bagian berukuran 100MB.

Lalu, bagaimana cara membuka file .001, .002, .003?

Sebenarnya caranya cukup mudah, sobat cukup berbekal software freeware yang ukurannya bahkan tak lebih dari 200KB, software tersebut bernama HJ-Split yang sobat dapat download secara gratis di sini, untuk cara lebih lanjut, silakan sobat simak langkah di bawah ini.

  1. Silahkan sobat taruh semua bagian file (001, 002, 003, dst.) yang telah sobat download ke dalam satu buah folder.

    Cara Menggabungkan File Dengan HJ-Split
  2. Buka software HJ-Split yang telah sobat download di sini.
    Cara Menggabungkan File Dengan HJ-Split
  3. Ketika muncul jendela HJ-Split, silakan sobat klik tombol JOIN.
    Cara Menggabungkan File Dengan HJ-Split
  4. Klik Input File untuk memasukkan file sobat tadi.
    Cara Menggabungkan File Dengan HJ-Split
  5. Pilih file yang sobat ingin gabungkan, lalu klik OK/ENTER. Sedikit catatan, walaupun sobat memasukkan file sampai ke bagian ke-6, yang terbaca hanya fle bagian pertama.
    Cara Menggabungkan File Dengan HJ-Split
  6. Pilih Output untuk memilih direktori tempat file kita nanti tersimpan, lalu klik START.
    Cara Menggabungkan File Dengan HJ-Split
  7. Setelah kita menekan tombol START, maka akan muncul jendela proses, tunggu hingga selesai.
    Cara Menggabungkan File Dengan HJ-Split
    Cara Menggabungkan File Dengan HJ-Split
  8. Setelah usai, sobat buka direktori Output yang sobat pilih tadi, dan holla, file yang tadi masih ber-exstensi .001, .002, .003, dst. Kini telah berubah menjadi satu kesatuan dengan exstensi .RAR
    Cara Menggabungkan File Dengan HJ-Split
Kecepatan menggabungkan, tergantung pada ukuran file dan kecepatan processor komputer/laptop.
Hasil penggabungan file tidak hanya menjadi .RAR, bisa juga menjadi .EXE atau yang lain, tergantung dari file asli yang dipecah uploader.
Bagaimana? Mudah bukan? Bila sobat mengalami kendala, sobat dapat bertanya pada kolom komentar di bawah ini.