5 Langkah Singkat Hajar Virus Shortcut

posted on 0 komentar
Cara Mengatasi Virus Shortcut
Cara Mengatasi Virus Shortcut – Virus, sebuah program komputer yang sengaja diciptakan untuk kepentingan suatu lembaga atau pihak pembuat itu sendiri, biasanya dapat bertujuan positif namun cenderung ke arah yang negatif seperti digunakan untuk spionase, pencurian data, hingga pengambil alihan komputer milik korban.

Seiring perkembangan jaman, varian virus di dunia ini semakin bertambah. Sebut saja Heartbleed  yang populer baru-baru ini.     

Kali ini, saya akan mengulas tentang cara mengatasi salah satu virus yang banyak menjangkit di kalangan masyarakat yaitu, Shortcut. Ya Shortcut, seperti namanya, apabila menjangkit, virus ini akan memunculkan Shortcut dari file yang berada pada media yang ia jangkit.

Cara kerja virus ini sebenarnya cukup mudah, yaitu ketika suatu media penyimpanan (Hard Disk, CD, DVD, Flashdisk) mulai terjangkit virus yang juga dikenal dengan nama Sality ini, maka akan muncul Shortcut dari file maupun folder yang berada di dalam media penyimpanan tersebut. 

Parahnya, sebagian besar masyarakat kurang begitu mengerti cara mengatasi virus yang sebenarnya cukup mudah ini, mereka biasanya akan langsung memilih opsi Format terhadap media penyimpanan mereka.

Maka dari itu, kali ini saya akan sedikit membagi ilmu mengatasi virus Shortcut ini. Ketika menggunakan metode yang saya babarkan di bawah, sobat tak perlu men-download satu pun software tambahan, karena metode ini hanya menggunakan fasilitas Command Prompt yang menjadi paket standar penginstalan Windows. Oke, mari kita mulai dari langkah pertama.

  1. Jalankan fasilitas “RUN” dengan cara menekan tombol Windows+R, ketikkan “CMD” lalu tekan OK atau Enter.
    Cara Mengatasi Virus Shortcut
  2. Setelah muncul jendela Command Prompt, silakan ketikkan nama partisi yang ingin anda hilangkan virusnya (Disini saya menggunakan Drive D).

    Cara Mengatasi Virus Shortcut
  3. Lalu ketikkan kode yang saya siapkan dibawah , tekan enter, lalu tunggu beberapa saat (waktu tunggu dapat berbeda, tergantung dari besar file yang disimpan). Jangan tutup jendela ini dulu.
attrib –s –r –h /s /d
Cara Mengatasi Virus Shortcut

    4. Bila sudah silakan buka kembali media penyimpanan anda tadi, maka akan muncul
        File asli yang disembunyikan oleh virus Shortcut.                
Cara Mengatasi Virus Shortcut

    5. Langkah terakhir, silakan sobat hapus folder .Trashes, folder Shortcut dari file sobat
        ,folder System_Volume_Information, atau folder yang sobat nilai itu virus. 
Cara Mengatasi Virus Shortcut
Terkadang, beberapa folder tidak dapat dihapus meski kita telah menghapusnya berkali-kali, maka dari itu, bila sobat yang memiliki program Utilites seperti TuneUp Utilites, Advance System Care, atau pun yang lain, sobat dapat memanfaatkan fasilitas File Shred untuk menghapus folder tadi. Namun bila sobat tidak mempunyai program Utilites seperti yang saya sebutkan di atas, sobat dapat mengatasinya dengan cara mem-formatnya. Tentunya setelah data penting sobat telah dipindahkan.
Berikut ini adalah Screenshot sebelum dan sesudah menggunakan  metode diatas.
Cara Mengatasi Virus Shortcut
Sebelum Menggunakan

Cara Mengatasi Virus Shortcut
Sesudah Menggunakan

Bisa dilihat perbedaan yang sangat besar antara sebelum menggunakan metode di atas dan sesudah menggunakan metode di atas, dimana pada sebelum menggunakan metode di atas, hanya muncul Shortcut itupun hanya 5 buah, sedangkan setelah menggunakan metode di atas muncul lebih dari 20 file dan folder.

Bagaimana? Mudah bukan? Bila masih bingung sobat dapat bertanya pada kolom komentar di bawah.