S.id, Revolusi Url Shortner Indonesia

posted on 0 komentar
S.id, Revolusi Url Shortner Indonesia
Apa itu S.id? – Kita ketahui, kebutuhan masyarakat masa kini yang ingin melakukan sesuatu seefisien dan seefektif mungkin mendorong para Web Developer untuk berinovasi.Salah satunya adalah inovasi dalam bidang Url Shortener.

Kita pasti kenal dengan situs url shortener seperti goo.gl, Bit.ly, hingga Adf.ly yang membayar penggunanya hanya dengan kita memendekkan url kita di salah satu situs tersebut.

Nah, kali ini, saya ingin sedikit memperkenalkan Url Shortener dalam negeri, S.id. Situs ini sendiri berdiri di bawah naungan PANDI selaku pemegang hak atas domain .id yang dirilis baru-baru ini.

Tujuan dari url shortner S.id ini sendiri selain untuk mempersingkat url, juga bertujuan untuk mempromosikan domain .id, mengalihkan traffic situs dari yang awalnya ke luar negeri seperti goo.gl, bit.ly kembali ke dalam negeri, serta untuk memperkenalkan Indonesia ke dunia.

Untuk hal yang terakhir, memang sangat jelas terlihat dari background situs yang mengambil scene tempat-tempat pariwisata Indonesia yang telah malang melintang di luar negeri layaknya Tanah  Lot, Bali; Raja Ampat, Papua; hingga Jam Gadang, Sumatera Barat.

Untuk mempersingkat url di S.id sendiri cukup mudah, sobat dapat mengikuti langkah di bawah ini
  1. Silakan sobat buka situs S.id
    S.id, Revolusi Url Shortner Indonesia

  2.  Pastekan url yang ingin sobat pendekkan (sebagai contoh saya menggunakan Url blog ini) lalu klik Shorten.
    S.id, Revolusi Url Shortner Indonesia
  3. Setelah beberapa saat, maka akan muncul url yang telah diperpendek.
    S.id, Revolusi Url Shortner Indonesia
Salah satu keunggulan dari Url Shorten S.id sendiri adalah fitur Custom Url, dengan fitur ini, sobat dapat mengedit Url sesuai dengann sobat inginkan, caranya pun cukup mudah.
  1. Silakan sobat klik tombol edit pada bagian bawah Url tadi, lalu isikan Url sesuai yang sobat inginkan.
    S.id, Revolusi Url Shortner Indonesia
  2. Bila sudah, sobat dapat mengklik tombol disket kecil pada bagian kanan atas, tak lama kemudian akan muncul Url sesuai dengan yang sobat masukkan tadi.
    S.id, Revolusi Url Shortner Indonesia

Bagaimana? Mudah bukan? Dan yang pasti, Url Shorten ini bebas dengan iklan. Jadi mari kita cintai produk dalam negeri.